Pemasaran yaitu salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan lantaran pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara pribadi berafiliasi dengan konsumen.
Apabila seseorang sudah tetapkan menjadi wirausaha maka ia harus segera memikirkan perihal rancangan pemasaran produk yang akan dijual. Philip Kotler dan Gary Amstrong dalam bukunya Dasar-Dasar Pemasaran mendefinisikan pemasaran sebagai proses dimana perusahaan membuat nilai bagi pelanggan dan membangun kekerabatan yang besar lengan berkuasa dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannnya. Dengan demikian, pemasaran tidak hanya bagaimana memasarkan produk supaya laku, tetapi juga harus mempunyai nilai lebih bagi pelanggannya.
Beberapa hal penting yang berkaitan dengan aspek pemasaran sebagai berikut.
1. Memahami seni menjual
Bagian penjualan merupakan salah satu potongan terpenting dalam sebuah perusahaan. Oleh lantaran itu, diperlukan tenaga jual yang profesional. Harus pula diingat bahwa penjual itu tidak hanya menjual produk atau bisnisnya saja, tetapi juga menjual kualitas produk tersebut.
2. Menetapkan harga jual
Menjual produk dengan harga mahal akan berisiko produk tidak laris dijual. Sebaliknya, menjual dengan harga murah juga akan berdampak pada persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Untuk itu penetapan harga harus diadaptasi dengan sasaran pasar, segmen pasar, dan posisi produk di pasar. Sebelum memilih harga produk di pasar, perlu mempertimbangkan faktor utama dari jenis biaya yang akan memilih harga. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih harga sebagai berikut.
1) Biaya materi baku dan suplainya
Biaya ini menjadi biaya utama dalam penentuan harga jual produk
2) Biaya overhead
Biaya overhead menjadi faktor penting yang sanggup dianalisis dalam penentuan struktur harga. Contohnya yaitu biaya administrasi, biaya pengiriman, biaya alat tulis kantor, biaya sewa kantor, biaya telepon, dan biaya listrik.
3) Biaya tenaga kerja
Merupakan biaya tenaga kerja dalam memproduksi barang jadi selama proses produksi dan biaya tenaga kerja yang bekerja dikantor. Contohnya yaitu biaya honor karyawan, uang lembur, insentif (bonus). Untuk memilih harga jual sebuah produk, maka perlu mengetahui total biaya (total cost) yang diperlukan dalam membuat produk tersebut.
Biaya Total = Total biaya materi baku + Total biaya overhaed + Total biaya tenaga kerja.
Penentuan harga jual produk juga sanggup ditentukan dengan tiga cara, sebagai berikut:
1) Harga menurut harga pasar (Market based price).
2) Harga menurut biaya (Cost based price).
3) Harga menurut titik impas (Break event point based price).
3. Menganalisis kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan yaitu tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja produk (hasil) yang sanggup dirasakan dan sesuai dengan
harapannya.
Metode-metode yang sanggup dipakai untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai berikut.
1) Sistem keluhan dan saran
Sistem ini sanggup memakai cara formulir isian, kuesioner, uji sampelsecara pribadi dengan cara tanya jawab pelanggan, email, faksimile, telepon, dan situs jejaring sosial.
2) Survei kepuasan pelanggan
secara bersiklus Sistem keluhan dan saran tidak sanggup mencerminkan secara sempurna dan akurat apabila hanya sekali dilakukan. Oleh lantaran itu, perlu dilakukan lebih dari satu kali survei biar diperoleh tingkat keakuratan yang lebih baik.
3) Ghost shopping atau mystery shopper
Cara ini yaitu mempekerjakan orang untuk berpura-pura menjadi pembeli. Orang ini akan melaporkan hal-hal faktual dan negatif dari pelayanan serta manfaat dari sebuah produk.
4. Promosi
Promosi yaitu suatu acara yang dilakukan oleh perusahaan guna mengomunikasikan, mengenalkan, dan mempopulerkan kepada pasar sasarannya. Ada enam kegiatan dan rencana yang sanggup dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan brand usaha.
1) Penjualan personal (personal selling)
2) Iklan (advertising)
3) Promosi penjualan (sales promotion)
4) Publikasi (publication)
5) Sponsorship
6) Komunikasi di daerah konsumen yang akan membeli (pint of purchase).
Demikian artikel 4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk semoga sanggup bermanfaat.
Apabila seseorang sudah tetapkan menjadi wirausaha maka ia harus segera memikirkan perihal rancangan pemasaran produk yang akan dijual. Philip Kotler dan Gary Amstrong dalam bukunya Dasar-Dasar Pemasaran mendefinisikan pemasaran sebagai proses dimana perusahaan membuat nilai bagi pelanggan dan membangun kekerabatan yang besar lengan berkuasa dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannnya. Dengan demikian, pemasaran tidak hanya bagaimana memasarkan produk supaya laku, tetapi juga harus mempunyai nilai lebih bagi pelanggannya.
Beberapa hal penting yang berkaitan dengan aspek pemasaran sebagai berikut.
1. Memahami seni menjual
Bagian penjualan merupakan salah satu potongan terpenting dalam sebuah perusahaan. Oleh lantaran itu, diperlukan tenaga jual yang profesional. Harus pula diingat bahwa penjual itu tidak hanya menjual produk atau bisnisnya saja, tetapi juga menjual kualitas produk tersebut.
2. Menetapkan harga jual
Menjual produk dengan harga mahal akan berisiko produk tidak laris dijual. Sebaliknya, menjual dengan harga murah juga akan berdampak pada persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Untuk itu penetapan harga harus diadaptasi dengan sasaran pasar, segmen pasar, dan posisi produk di pasar. Sebelum memilih harga produk di pasar, perlu mempertimbangkan faktor utama dari jenis biaya yang akan memilih harga. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih harga sebagai berikut.
1) Biaya materi baku dan suplainya
Biaya ini menjadi biaya utama dalam penentuan harga jual produk
2) Biaya overhead
Biaya overhead menjadi faktor penting yang sanggup dianalisis dalam penentuan struktur harga. Contohnya yaitu biaya administrasi, biaya pengiriman, biaya alat tulis kantor, biaya sewa kantor, biaya telepon, dan biaya listrik.
3) Biaya tenaga kerja
Merupakan biaya tenaga kerja dalam memproduksi barang jadi selama proses produksi dan biaya tenaga kerja yang bekerja dikantor. Contohnya yaitu biaya honor karyawan, uang lembur, insentif (bonus). Untuk memilih harga jual sebuah produk, maka perlu mengetahui total biaya (total cost) yang diperlukan dalam membuat produk tersebut.
Biaya Total = Total biaya materi baku + Total biaya overhaed + Total biaya tenaga kerja.
Penentuan harga jual produk juga sanggup ditentukan dengan tiga cara, sebagai berikut:
1) Harga menurut harga pasar (Market based price).
2) Harga menurut biaya (Cost based price).
3) Harga menurut titik impas (Break event point based price).
3. Menganalisis kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan yaitu tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja produk (hasil) yang sanggup dirasakan dan sesuai dengan
harapannya.
Metode-metode yang sanggup dipakai untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai berikut.
1) Sistem keluhan dan saran
Sistem ini sanggup memakai cara formulir isian, kuesioner, uji sampelsecara pribadi dengan cara tanya jawab pelanggan, email, faksimile, telepon, dan situs jejaring sosial.
2) Survei kepuasan pelanggan
secara bersiklus Sistem keluhan dan saran tidak sanggup mencerminkan secara sempurna dan akurat apabila hanya sekali dilakukan. Oleh lantaran itu, perlu dilakukan lebih dari satu kali survei biar diperoleh tingkat keakuratan yang lebih baik.
3) Ghost shopping atau mystery shopper
Cara ini yaitu mempekerjakan orang untuk berpura-pura menjadi pembeli. Orang ini akan melaporkan hal-hal faktual dan negatif dari pelayanan serta manfaat dari sebuah produk.
4. Promosi
Promosi yaitu suatu acara yang dilakukan oleh perusahaan guna mengomunikasikan, mengenalkan, dan mempopulerkan kepada pasar sasarannya. Ada enam kegiatan dan rencana yang sanggup dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan brand usaha.
1) Penjualan personal (personal selling)
2) Iklan (advertising)
3) Promosi penjualan (sales promotion)
4) Publikasi (publication)
5) Sponsorship
6) Komunikasi di daerah konsumen yang akan membeli (pint of purchase).
Demikian artikel 4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk semoga sanggup bermanfaat.